BKSDA Sumut Evakuasi Owa yang Sakit di Kandang

Darrel - 19/02/2021
BKSDA Sumut Evakuasi Owa yang Sakit di Kandang
 - (Darrel)
Penulis
|
Editor

Darrel.id – Tim BKSDA Sumatera Utara (Sumut) mengevakuasi seekor primata jenis sarudung atau juga disebut owa yang ditemukan dalam kondisi sakit dan terluka. BKSDA Sumut Evakuasi Owa yang sedang sakit itu disebuah kandang

Satwa tersebut telah empat tahun dipelihara warga di Kabupaten Padanglawas, Sumut. “Tim BKSDA Sumut mendapatkan laporan mengenai keberadaan sarudung atau owa (Hylobates agilis) yang dipelihara warga di Padang Lawas selama 4 tahun terakhir ini,” kata Humas BBKSDA Sumut, Andoko Hidayat, kepada wartawan, Jumat (19/2/2021).

Tim yang turun ke lokasi melihat hewan itu dipelihara dalam kurungan yang terbuat dari kayu dan kawat yang berada di samping rumah. Di sekitarnya terdapat pepohonan.

Pengakuan pemiliknya, satwa itu didapat dari hutan sekitar desa dan telah dipelihara sejak kecil. Tim kemudian memeriksa kondisi satwa dengan bulu berwarna coklat gelap tersebut.

“Kondisi satwa dalam keadaan sakit dan terdapat luka pada bagian kaki,” jelasnya. Hingga kini satwa tersebut telah dititipkan dan dirawat di Barumun Nagari Wildlife Sanctuary (BNWS).

“Satwa direhabilitasi dan kemudian akan dilepaskan kembali ke alamnya,” tandasnya. (da)

Baca Juga :  BKSDA Selamatkan Orangutan Dengan Luka Bacok di Kepala

Tinggalkan Komentar

Close Ads X