Covid 19 Membuat Anak ‘Terpaku’ Dirumah, Berikut Tips Jaga Kesehatannya

Darrel - 06/02/2021
Covid 19 Membuat Anak ‘Terpaku’ Dirumah, Berikut Tips Jaga Kesehatannya
 - (Darrel)
Penulis
|
Editor

Darrel.id – Pada masa pandemi COVID-19 seperti sekarang, semua orang menghabiskan lebih banyak waktu di rumah. Hingga pandemi mulai terkendali, berdiam di rumah lebih lama diharap dapat dilakukan oleh semua orang.

Selama pandemi virus corona, anak-anak lebih banyak menghabiskan waktu di rumah. Meski di rumah saja, ternyata ada sejumlah ancaman kesehatan yang bisa membuat anak-anak terjangkit penyakit.

“Meski di dalam rumah, apalagi kalau ruangan tertutup, bakteri dan virus bisa menempel di mana-mana mulai dari peralatan rumah tangga sampai dinding yang jadi area eksplorasi anak,” kata Dokter spesialis anak dr Lucy Amelia, Sp.A, M.kes.

Anak-anak, kata dr Lucy, memiliki ciri khas yang berbeda dengan orang dewasa. Selain harus diawasi perkembangan, asupan nutrisi, stimulasi, faktor lingkungan sekitar juga menjadi hal penting yang harus diperhatikan dalam tumbuh kembang anak-anak. Sebaiknya, rumah termasuk area anak banyak menghabiskan waktu, dibersihkan setidaknya sehari satu kali.

“Bersihkan semua area sampai ke sudut-sudut karena di sana terdapat bakteri, virus, debu bahkan tungau. Apalagi kalau di rumah ada yang memiliki riwayat atopi atau ada alergi karena bisa merangsang alergi,” kata dr Lucy.

Jika perlu, area bisa diberi disinfektan. Saat pandemi, sebaiknya rumah diberi sirkulasi udara yang cukup, ventilasi udara dibiarkan terbuka dan diusahakan rumah terpapar sinar matahari. Sejumlah virus dan bakteri yang biasa bersarang di perabotan dan dinding di antaranya adalah virus-virus saluran pernapasan yang sering menyebabkan ISPA.

“Selain itu ada rotavirus, streptococcus, salmonella penyebab diare dan juga jamur kalau terlalu sering dihirup bisa menyebabkan infeksi,” jelasnya.

Dr. Lucy mengingatkan, meski di dalam rumah agar tetap menjalankan protokol kesehatan dengan setidaknya rajin mencuci tangan. Selain itu tetap harus aktif bergerak dan berolah raga. (ant)

Baca Juga :  Hanya Karena Tidak Pakai Masker, Pengunjung Pantai ini Dihukum Push Up

Tinggalkan Komentar

Close Ads X