Gubsu Instruksikan Tutup Galian C di Bahorok

Darrel - 13/03/2021
Gubsu Instruksikan Tutup Galian C di Bahorok
 - (Darrel)
Penulis
|
Editor

Darrel.id – Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi menginstruksikan agar pengusaha galian C untuk memberhentikan sementara kegiatannya, karena merusak lingkungan dan meresahkan masyarakat.

Hal diungkapkan Edy Rahmayadi saat menjawab keluhan masyarakat Desa Timbang Lawan Kecamatan Bahorok, Minggu (14/2/2021).

Gubsu meminta agar forum komunikasi pimpinan kecamatan (forkopimcam) mengakomodir keresahan masyarakat ini dan segera melaksanakan penutupan sementara aktivitas galian C diwilayah tersebut.

Edy Rahmayadi juga menyebutkan pemangku kecamatan yang lebih faham kondisi wilayah, sehingga diharapkan tidak perlu ragu mengambil keputusan. Sepanjang tidak melanggar aturan yang berlaku.

Gubsu secara langsung menginstruksikan penutupan sementara kepada Camat Bahorok Dameka Putra Singarimbun S STP, Danramil 06 KAPT ARH Fauzan dan kapolsek AKP IPTU Pamilu H Hutagaol SH diwakili kanit Shabara IPDA Jasmin.

“Siapa saja yang melanggar aturan akan berhadapan dengan pemerintah. Pemprovsu akan nenurunkan tim untuk melakukan kajian mendalami keluhan, penolakan warga akibat adanya kegiatan galian C di sepanjang Sei Bahorok,” ujar Gubsu.

Sebelumnya seorang pemuka masyarakat Timbang Lawan, Abdul Munir PA menyampaikan penolakan masyarakat adanya galian C di wilayah tersebut. Karena berdampak terhadap perubahan arus sungai serta ekosistem makhluk hidup di sungai seperti hilangnya lubuk ikan serta lainnya.

Menurutnya, zona persawahan yang merupakan area lumbung padi skala daerah, air persawahan irigasi bersumber dari Sei Bahorok harus diselamatkan. Selain itu, aktivitas galian C itu juga kemungkinan akan berdampak terhadap obyek wisata Bukit Lawang.

Karenanya masyarakat berharap Pemprovsu bijak memberi keputusan karena selain menyelamatkan lingkungan, juga berdampak terhadap kondisi jalan akibat truk pengangkut material galian C. (gs)

Baca Juga :  Penambangan Material Sungai di Tentang Warga Bahorok

Tinggalkan Komentar

Close Ads X