Hujan Deras Akibatkan Pipa Air Minum PDAM Tirtanadi di Tapsel Rusak

Darrel - 12/04/2021
Hujan Deras Akibatkan Pipa Air Minum PDAM Tirtanadi di Tapsel Rusak
 - (Darrel)
Penulis
|
Editor

Darrel.id – Pipa jaringan air bersih PDAM Tirtanadi di Desa Sisundung, Kecamatan Angkola Barat, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) putus mengakibatkan aliran air ke pelanggan di Padang Sidempuan khususnya menjadi terganggu.

“Pipa transimisi putus berdiameter 300 mm jenis gip di pusat sumber air Sisundung. Diduga pipa tak mampu menahan derasnya air sungai saat hujan deras merata di wilayah itu Minggu, (11/4),” kata Malintang Harahap, bidang Produksi Jaringan PDAM Tirtanadi Cabang Padang Sidempuan, Senin (12/4).

Akibatnya distribusi air bersih yang diperkirakan berjumlah ribuan pelanggan yang beralamat di Kampung Marancar, Jalan SM.Raja, Kelurahan Tano Bato, Keluarahan Sitamiang, Kampung Losung, Polres Tapsel, Pasar Sangkumpal Bonang, Kampung Teleng Kota Padang Sidempuan menjadi terganggu.

“Medannya cukup ekstrem namun petugas kita sudah bisa mencapai lokasi kejadian membawa berbagai peralatan seperti mesin las dan lainnya. Harapan kita pekerjaan bisa cepat selesai agar distribusi air ke penampungan sebelum ke pelanggan kembali normal,” katanya.

Pada bagian lain adanya perbaikan gorong-gorong oleh pihak PU di ruas Jalan Sudirman (Eks Merdeka) yang mengakibatkan pipa berdiameter 250 mm pecah akibatnya terjadi penyumbatan air.

“Dampaknya perbaikan gorong-gorong oleh PU ini menyebabkan pendistribusian air terganggu utamanya ke wilayah pusat Pasar Kota Padang Sidempuan seperti Jalan Thamrin, Komplek DPRD, Jalan Kenanga, Jalan Imam Bonjol keseluruhan.

“Kita juga telah berusaha keras mencari titik lokasi penyumbatan pipa dari jalur penampungan ke pelanggan pasca perbaikan gorong-gorong oleh PU (Pekerjaan Umum),” katanya. (ant)

Baca Juga :  Tersangka Korupsi PDAM Tirtanadi Deliserdang Ditangkap di Rumah Anaknya

Tinggalkan Komentar

Close Ads X