Kasad dan Kadin Masuk Komite Penanganan Covid

Darrel - 14/11/2020
Kasad dan Kadin Masuk Komite Penanganan Covid
 - (www.darrel.id)
Penulis
|
Editor

Jakarta, Darrel.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) merombak Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional. Hal ini tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 108 Tahun 2020 tentang Perubahan Atas Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2020 tentang Komite Penanganan Corona Virus Disease (Covid-19) dan Pemulihan Ekonomi Nasional.

Dalam beleid yang diteken Jokowi pada 10 November 2020 Jokowi menunjuk Menteri BUMN Erick Thohir menjadi Wakil Ketua IV di struktur Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PC-PEN). Erick menggantikan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati yang sebelumnya menduduki jabatan itu.

“Wakil Ketua IV merangkap Ketua Tim Pelaksana: Menteri Badan Usaha Milik Negara,” tulis Pasal 3 ayat 2 huruf e di beleid tersebut seperti dikutip CNNIndonesia

Kendati begitu, Jokowi tetap meminta Erick menjabat posisinya dulu dalam struktur Komite PC-PEN, yaitu sebagai Ketua Tim Pelaksana. Kepala negara menunjuk Kepala Staf Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat Andika Perkasa dan Wakil Kepala Kepolisian RI Gatot Eddy Pramono sebagai pembantu Erick dengan jabatan masing-masing Wakil Ketua Tim Pelaksana I dan II.

Dalam beleid itu dituliskan bahwa tugas Erick dari Jokowi tidak banyak berubah, yaitu; mengoordinasikan dan mengintegrasikan pelaksanaan kebijakan dan program penanganan covid-19 serta pemulihan perekonomian dan transformasi ekonomi nasional. Namun, tambahannya adalah membantu Ketua Komite PC-PEN Airlangga Hartarto.

Sementara Sri Mulyani yang jabatannya diduduki Erick, kini menempati posisi Wakil Ketua V Komite PC-PEN. Ani, sapaan akrabnya kini menduduki jabatan yang sebelumnya diisi Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto.

Sedangkan Terawan turun ke jabatan Wakil Ketua VI yang sebelumnya diisi Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian. Tito kini ada di posisi Wakil Ketua VII.

Untuk Sekretaris Eksekutif I dan II tetap, yaitu Raden Pardede dan Sekretaris Kemenko Perekonomian Susiwijono Moegiarso.

Jokowi juga menambah personil di jajaran Satgas Penanganan Covid-19. Ketua Satgas tetap Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Moenardo.

Namun ditambahkan tiga wakil, yakni Wakil Ketua I diisi Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Penny Kusumastuti Lukito, Wakil Ketua II dijabat Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan Muhammad Budi Hidayat, dan Wakil Ketua III ditempati oleh Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri Safrizal ZA.

Sementara di Satgas Pemulihan Ekonomi Nasional tetap diisi oleh Wakil Menteri BUMN I Budi Gunadi Sadikin dengan Wakil Ketua I yang dijabat oleh Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara. Tapi, Jokowi menunjuk Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Rosan Perkasa Roeslani untuk membantu Satgas sebagai Waki Ketua II.(cnn/ba)

Tinggalkan Komentar

Close Ads X