Pangeran Philip, Suami Ratu Elizabeth ini Meninggal di usia 99 tahun

Darrel - 10/04/2021
Pangeran Philip, Suami Ratu Elizabeth ini Meninggal di usia 99 tahun
 - (Darrel)
Penulis
|
Editor

Darrel.id – Suami Ratu Elizabeth II, Pangeran Philip meninggal dunia di usia 99 tahun dimana, Pangeran Philip wafat menjelang ulang tahunnya yang ke 100 pada Juni 2021 mendatang.

Duke of Edinburgh ini, hingga akhir hayatnya masih memegang gelar sebagai pangeran.

Dari situs resmi kerajaan Inggris, undang-undang Parlemen Inggrislah yang menentukan siapa yang akan naik takhta. Tak hanya itu, Parlemen Inggris juga yang menentukan gelar setiap keluargaan Inggris.

Dalam undang-undang tersebut menjelaskan, sistem penentuan gelar kehormatan raja/ratu dipandang melalui darah, bukan gender.

Aturan ini membuat silsilah keluarga kerajaan terdengar rumit, tetapi sebenarnya mudah dijelaskan.

“Dengan rasa sedih yang mendalam, Yang Mulia Ratu menyampaikan suami tercintanya, Yang Mulia Duke of Edinburgh Pangeran Philip meninggal dunia,” demikian isi pernyataan itu, seperti dikutip Reuters.

Berdasarkan pernyataan Buckingham Palace, Pangeran Philip mengembuskan napas terakhir di kastil Windsor.

“Pemberitahuan lanjutan akan menyusul. Keluarga Kerajaan Inggris sangat kehilangan,” lanjut isi pernyataan itu.

Pangeran Philip sempat mendapatkan perawatan intensif pada Maret 2021 akibat mengalami infeksi dan menjalani bedah jantung.

Suami yang telah setia mendampingi Ratu Elizabeth II selama 73 tahun tersebut sempat mengalami kecelakaan lalu lintas saat mengemudikan mobil seorang diri.

Pangeran Philip yang berdarah Yunani menikah dengan Ratu Elizabeth pada 1947. Dia berperan penting dalam modernisasi Kerajaan Inggris usai Perang Dunia II. (bs)

Tinggalkan Komentar

Close Ads X