Pura-pura Tanya Alamat, Kalung Emas Seorang Bocah pun Raib Seketika

Darrel - 18/02/2021
Pura-pura Tanya Alamat, Kalung Emas Seorang Bocah pun Raib Seketika
 - (Darrel)
Penulis
|
Editor

Darrel.id – Polisi menangkap dua pria berinisial HIS dan H yang menjambret kalung emas milik R (6) saat sedang bermain. Saat melakukan aksinya, para tersangka memiliki peran masing-masing dengan modus berpura-pura menanyakan alamat.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus menjelaskan, para tersangka terlebih duhulu menargetkan anak yang akan dijambret.

Setelah itu, mereka berputar di sekitar keberadaan anak yang menjadi target untuk mengetahui kondisi sekitar. Saat merasa aman, para tersangka beraksi dengan berpura-pura menanyakan alamat. “Kemudian menanyakan alamat kepada anak kecil sambil memantau apakah anak kecil ini memiliki barang berharga untuk diambil,” kata Yusri, Kamis (18/2/2021).

Yusri menjelaskan, modus itu digunakan para tersangka saat beraksi terhadap R di Kebagusan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. “Perannya HIS eksekutor dan H sebagai joki. Selama ini mereka berdua dan kadang bergantian peran,” ucap Yusri. Sebelumnya diberitakan, Polda Metro Jaya menangkap HIS dan H di salah satu kontrakan tak jauh dari lokasi kejadian, Senin (15/2/2021).

Penangkapan itu bermula saat aksi kedua tersangka terekam kamera CCTV, kemudian viral di media sosial. Halaman Selanjutnya Berdasarkan pemeriksan polisi, kedua tersangka.

Berdasarkan pemeriksan polisi, kedua tersangka kerap melakukan aksinya di wilayah Depok, Jawa Barat, dan Jakarta Selatan. Polisi mengamankan barang bukti berupa sejumlah pakian, helm, tas dan motor yang digunakan saat beraksi. “Pasal yang disangkakan Pasal 365 subsider 363 (tentang Pencurian dengan Kekerasan).

Ancaman 12 tahun penjara,” kata Yusri. Baca juga: Polisi: Penjambret Kalung Emas Bocah di Kebagusan Kerap Beraksi di Depok dan Jaksel Rekaman kamera CCTV berisi peristiwa penjambretan tersebut kali pertama diunggah oleh pemilik akun Instagram @onieraisyha.

Berdasarkan rekaman kamera CCTV, peristiwa penjambretan terjadi sekitar pukul 11.30 WIB. “Tolong viralkan video ini kejadian anak saya dijambret org tak dikenal posisi daerah Kebagusan 3 depan Masjid Al Masykuriyah arah depan kebun kosong. Saya ga ikhlas anak saya diperlakukan kaya gini,” tulis pemilik akun @onieraisyha.

Diketahui, anak perempuan tersebut terlihat sedang bermain bersama temannya, saat dua orang pelaku beraksi. Para pelaku diketahui sempat berhenti dan bermain ponsel. Kemudian, pelaku mengendarai motor dan menarik kalung yang ada di leher anak perempuan, lalu melarikan diri. (ks)

Tinggalkan Komentar

Close Ads X