PWI Binjai dan KBKC Sepakat Satukan Visi

Darrel - 18/02/2021
PWI Binjai dan KBKC Sepakat Satukan Visi
 - (Darrel)
Penulis
|
Editor

Darrel.id – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Binjai dan Komunitas Binjai Kota Cerdas (KBKC) sepakat menyatukan visi untuk berkolaborasi membentuk Teras Baca PWI Kota Binjai.

Hal itu terungkap dalam pertemuan silaturahmi para relawan KBKC dengan pengurus PWI Kota Binjai, di Kantor PWI Kota Binjai, Rabu (17/2) sore.

Hadir, Ketua PWI Kota Binjai, Arma Delisa Budi, diwakili Sekretaris, Wardika Aryandi, Bendahara, Bayu Dian Aditama, dan Kepala Koperasi, Irvan Purba, serta Inisiator sekaligus Ketua KBKC, Syamsul Agus, bersama dua relawan KBKC, yakni Asmwati dan Irfan.

Ketua KBKC, Syamsul Agus, mengatakan, pembentukan Teras Baca PWI Kota Binjai merupakan bagian dari upaya mengisi dan memberdayakan setiap ruang kosong dalam lingkup kota cerdas dengan kegiatan literasi.

Dalam hal ini, katanya, teras baca menjadi program baru KBKC sebagai kelanjutan program pojok baca dan kampung literasi, yang telah terbentuk pada beberapa titik di Kota Binjai.

Baca Juga :  Konferensi PWI Kota Binjai Hanya Satu Calon Ketua

“Pada dasarnya langkah ini adalah cara kita mengedukasi masyarakat, bahwa literasi itu memiliki ruang lingkup yang luas. Bukan hanya literasi dasar, tetapi juga literasi finasial, literasi digital, literasi sosial, literasi kekeluargaan, dan lain sebagainya. Terlebih lagi minat baca masyarakat kita sangat tinggi, meskipun masih terkendala oleh akses yang sangat terbatas,” ungkap Agus.

Atas pembentukan Teras Baca PWI Kota Binjai, dia pun optimis, PWI akan mampu membantu penyediaan ruang dan akses baca bagi masyarakat, khususnya anak-anak. Terlebih situasi pandemi Covid-19 turut menyebabkan aktivitas literasi menjadi sangat terbatas.

Sebaliknya Agus sangat berharap, para relawan anggota PWI Kota Binjai dapat membantu KBKC mengedukasi masyarakat dalam meningkatkan semangat dan antusiasme masyarakat Kota Binjai untuk berliterasi.

“Harapan kami lainnya, PWI Kota Binjai dapat juga memberdayakan mitranya untuk membantu membentuk teras baca baru di Kota Binjai, termasuk membantu pengadaan sarana dan prasarana yang dibutuhkan,” ujar Agus.

Sebelumnya, Sekretaris PWI Kota Binjai, Wardika Aryandi, mengapresiasi tekad dan semangat KBKC dalam upaya membangun dan meningkatkan budaya literasi di Kota Binjai.

Dia juga sepakat untuk memberikan ruang dan akses baca dengan seluas-luasnya kepada masyarakat Kota Binjai, khususnya anak-anak dan remaja, dalam mewujudkan konsep kota cerdas.

“Pada dasarnya, PWI Kota Binjai senantiasa mendukung apapun program dan kegiatan yang memiliki nilai manfaat dan dampak positif bagi masyarakat. Apalagi jika program itu bersifat edukatif dan pemberdayaan bagi masyarakat,” terang Wardika.(prb)

Tinggalkan Komentar

Close Ads X