Ulang Tahun ke-94, Lansia ini Inginkan Hadiah Vaksin Corona

Darrel - 28/02/2021
Ulang Tahun ke-94, Lansia ini Inginkan Hadiah Vaksin Corona
 - (Darrel)
Penulis
|
Editor

Darrel.id – Seorang wanita lansia asal Kanada menginginkan vaksin Covid-19 sebagai hadiah ulang tahunnya yang ke-94.

“Saya 94 tahun hari ini! Tidak ada hadiah, tolong vaksinasi saya,” bunyi kalimat dalam spanduk yang terpasang di teras rumah Nina Rockett (94) di Toronto, Kanada.

Margot, putri dari Nina Rockett, berinisiatif membuat spanduk tersebut. Dia kemudian menggantungkannya di depan rumah sang itu, di tengah rasa frustrasi yang meningkat akibat lambatnya proses vaksinasi di Kanada.

Kanada diketahui telah memesan lebih dari 400 juta dosis vaksin dari tujuh pemasok pada Desember 2020 lalu. Namun, di tengah perjalanannya, Kanada mengalami kesulitan akibat penundaan pengiriman dari Eropa.

Sejauh ini, kurang dari 3 persen populasi Kanada telah menerima satu suntikan vaksin.

“Saya memasangnya sebelum ulang tahun ibu saya. Saya menyadari bahwa dia berusia 94 tahun dan belum mendapatkan vaksin,” ujar Margot, melansir AFP. Nina sendiri berulang tahun pada 24 Februari lalu.

Margot kecewa karena pemerintah Kanada terlalu banyak ingkar janji soal pemenuhan proses vaksinasi di negaranya. Informasi dari dokter dan pejabat kesehatan setempat juga dinilai kurang.

“Apa yang terjadi di sini mengerikan, memalukan,” kata Margot.

“Saya muak dan saya pikir saya ingin dunia tahu bahwa dia [Nina Rockett] berusia 94 tahun dan dia layak mendapatkan vaksin, dia menginginkannya.”

Apa yang dilakukan Margot mendapat respons banyak masyarakat. Banyak orang yang bercerita padanya bahwa mereka tak berani menengok orang tuanya karena khawatir justru menularkan virus corona.

“Saya pikir setiap orang harus menggantungkan spanduk seperti ini di rumahnya untuk meningkatkan kesadaran akan keadaan buruk para lansia di Kanada selama setahun terakhir,” ujar Margot.

Hingga Jumat (26/2) Kanada telah melaporkan lebih dari 858 ribu kasus Covid-19 dengan angka kematian mencapai 21.685. Sekitar 9 dari 10 kematian terjadi pada orang lansia. (cn)

Tinggalkan Komentar

Close Ads X