Walikota Binjai Pemenang Pilkada Hembuskan Nafas Terakhir.

Darrel - 10/02/2021
Walikota Binjai Pemenang Pilkada Hembuskan Nafas Terakhir.
 - (Darrel)
Penulis
|
Editor

Darrel.id – Rumah Duka Walikota Binjai terpilih, Almarhum. H Juliadi yang beralamat di Desa Sei Limbat, Kecamatan Selesai, Kabupaten Langkat, diramaikan ratusan warga yang bertakziah dan memanjatkan doa untuk almarhum, Rabu (10/2/2020)

Selain warga, Ketua DPRD Binjai H Noor Sri Alamsyah Putra ST, hingga simpatisan Walikota Binjai terpilih periode 2021-2024, tampak hadir di rumah duka.

Tampak, Surialam yang juga Sekretaris DPD Partai Golkar Langkat, masih tak kuasa menahan kesedihan. Menurutnya, almarhum merupakan sosok politisi yang santun dan bersahabat serta menghargai orang orang yang ada di sekelilingnya.

“Almarhum Kader yang sangat militan dan mencintai Partai Golkar,” ujarnya.

Diketahui, almarhum meninggalkan seorang istri bernama Julianti dan dua orang putra serta seorang putri.

Almarhum menghembuskan nafas terakhir di Ruang ICU RSU Bunda Thamrin.

Sebelumnya sudah dirawat sejak 30 Januari 2021 karena dinyatakan sebagai pasien terpapar covid-19.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Binjai resmi menetapkan pasangan Juliadi-Amir sebagai Walikota dan Wakil Walikota Binjai terpilih periode 2021-2024.

Penetapan ini merupakan hasil Rapat Pleno yang digelar di Graha Kardopa, Jalan Sultan Hasanuddin, Binjai Kota, Kamis (21/1/2021) lalu.

Penetapan ini berdasarkan PKPU No 5/2020 Tentang Perubahan Ketiga Atas PKPU No 15/2019 Tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2020. Penetapan juga berdasarkan PKPU No 9/2018 Tentang Hasil Rekapitulasi Perhitungan Suara dan Penetapan Hasil Pemilihan Pimpinan Daerah.

Amir Hamzah Bakal Jabat Walikota

Pasca wafatnya Wali Kota Binjai terpilih Juliadi pada Selasa (9/2/2021) malam, sekitar Pukul 22:44 WIB di ruang ICU RS Bunda Thamrin karena diduga terpapar covid-19, Wakilnya, Amir Hamzah dipastikan akan menempati jabatan Wali Kota Binjai.

Baca Juga :  Sah, KPU Binjai tetapkan Juliadi - Amir sebagai Walikota dan Wakil Walikota Terpilihnya

Mekanisme tersebut tertuang dalam Pasal 173 ayat (1) Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pilkada.

Pasal 173 ayat (1) mengatur, dalam hal Gubernur, Bupati, dan Walikota berhenti karena meninggal dunia, permintaan sendiri, diberhentikan, maka wakil gubernur, wakil bupati, dan wakil wali kota menggantikan Gubernur, Bupati, dan Wali Kota.

Terkait proses siapa yang akan dilantik nanti, Ketua KPU Binjai Zulfan Efendi menyebut hal itu akan dikoordinasikan dengan DPRD Kota Binjai.

“Soal siapa yang akan dilantik nanti akan dikordinasikan dulu dengan DPRD. Karena nanti DPRD lah yang mengusulkannya ke Kemendagri ” terang Zulfan, Rabu (10/2/ 2021).

Sementara itu, Ketua Golkar Binjai H Noor Sri Syah Alam Putra ST ketika dikonfirmasi di rumah duka terkait wakil walikota binjai yang bakal mendampingi Amir Hamzah mengatakan partai golkar binjai akan melakukan konsulidasi partai golkar untuk mengusung penggantinya.

“Beliau seorang pejuang yang merupakan kader golkar terbaik, kita kehliangan kader golkar yang sudah ditetapkan menjadi walikota binjai. Untuk selanjutnya kita akan melakukan konsulidasi internal partai untuk mengajukan satu nama dan setelah itu akan melakukan konusulidasi dengan dua partai pengusung lainnya” ungkap H kirres ketua Golkar binjai.

Dari keterangan diperoleh, selaku partai pengusung Partai Golkar Binjai, Partai Demokrat Binjai, Partai PPP Kota Binjai merupakan partia pengusung dalam pilkada walikota binjai pasangan H Juliadi-Amir Hamzah sebagai walikota dan wakil walikota terpilih yang menang dalam pemilu 2020-2024.

Amir hamzah nanti akan dilantik sebagai wakil walikota dan selanjutnya sebagai pelaksana tugas walikota. Kemudian dprd binjai akan melakukan pengiriman nama ke mendagri setelah ada nama dari kesepakatan tiga parpol pengusung berdasarkan konsulidasi yang nanti akan dilakukan pihak parpol pengusung tersebut.

Baca Juga :  Pemilihan Ketua PWI Kota Binjai Aklamasi

Ketua Satgas Covid 19 Kota Binjai dr Sugianto mengatakan alm H Juliadi sempat menjalani perawatan selama 10 Hari di RS Bunda Thamrin Medan.

Setelah dilakukan sholat ghoib dipelataran parkir rumah sakit H Julaidi langsung dikebumikan di Tempat Pemakaman Umum Desa Sei Limbat Kecamatan Selesai Kabupaten Langkat. ” Dari rsu lansung ke tpu sei limbat dusun 2 kec selesai kab langkat” ungkap dr Sugianto yang juga ikut sholat ghoib di rs bunda Thamrin Medan. (prb/ugd)

Tinggalkan Komentar

Close Ads X